Hosting Gratis Untuk Membuat Website Begini Caranya - Liza Rifan Muazin
News Update
Loading...

Monday, July 15, 2019

Hosting Gratis Untuk Membuat Website Begini Caranya

Hosting Gratis Untuk Membuat Website Begini Caranya

Hosting merupakan tempat dimana kita meletakan data-data yang diperlukan untuk membangun website. Data yang dimaksud disini berupa gambar, script/program, database dll. 

Hosting biasanya disewakan, jika kita ingin memiliki website yang dihosting maka kita harus membayar layanan tersebut kepada penyedia hosting. Pembayaran menggunakan sistem langganan dan biasanya dibayar sekaligus dalam waktu yang lama misal setahun, dua tahun, dst.

Kali ini saya akan menunjukan situs penyedia hosting gratis, dengan ini kita dapat belajar membangun website tanpa perlu menyewa layanan hosting.

Namun perlu diingat, namanya juga gratisan pastinya terdapat batasan-batasan atau fitur yang tidak selengkap pada hosting yang berbayar.

Sebenarnya ada banyak situs penyedia hosting gratis, namun karena aplikasi-aplikasi sebelumnya saya buat di situs ini maka situs inilah yang akan saya tunjukan kepada Anda.

Nama situsnya yaitu 000webhost. Dengan menggunakan hosting dari situs 000webhost, maka nama domain website yang kita buat akan berakhiran 000webhostapp.com.

Contoh disini saya membuat website dengan nama winteknowebsite, maka url yang akan kita dapatkan yaitu

http://winteknowebsite.000webhostapp.com.

Meskipun nama yang kita buat terdapat embel-embel 000webhostnya, menurut saya ini hal yang wajar, namanya juga hosting gratisan, lagian hosting ini hanya untuk eksperimen dan pembelajaran saja.

Cara Membuat Website Gratis di 000webhost


Pertama kita harus menuju ke website dari 000webhostnya, silakan ketik saja di google "000webhost" atau klik link dibawah ini

https://id.000webhost.com/daftar-website-gratis.

Bagi anda yang belum memiliki akun silakan daftar terlebih dahulu, atau untuk lebih mudahnya silakan login saja menggunakan akun google.

Silakan ikuti saja langkah-langkahnya, karena menurut saya ini hal yang mudah maka saya rasa tidak perlu saya jelaskan.

Jika terdapat pertanyaan bisa dilewati saya, pertanyaan tersebut hanyalah survei dari penyedia hosting.

Jika sudah, pada saat ingin membuat website anda dihadapkan oleh 3 pilihan.

Silakan pilih saja sesuai kebutuhan anda.

Berhubung disini saya ingin membuat website statis maka saya pilih upload file sendiri.

Jika sudah memilih yang upload file sendiri silakan upload saja file yang sudah disediakan. 

File untuk website biasanya terdiri dari beberapa file, maka untuk memudahkannya file-file tersebut di convert dulu menjadi zip agar kita hanya perlu upload sekali kemudian mengekstraknya setelah selesai di upload.

Saatnya pengujian, silakan buka tab baru pada browser anda kemudian tuliskan domain yang sudah ada buat pada awal pembuatan website, disini saya contohkan website buatan saya yaitu

https://winteknowebsite.000webhostapp.com

Bagi anda yang masih bingung dengan penjelasan saya diatas, silakan lihat video saya dibawah ini.

Share with your friends

Notification
Done