Alasan Masuk SMK Jurusan TKJ Serta Penjelasannya - Liza Rifan Muazin
News Update
Loading...

Sunday, July 14, 2019

Alasan Masuk SMK Jurusan TKJ Serta Penjelasannya

Alasan Masuk SMK Jurusan TKJ Serta Penjelasannya
TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan merupakan salah satu jurusan yang dapat kita pilih ketika ingin masuk ke SMK. Sebagian anak pasti akan mengalami kebimbangan saat ingin melajutkan sekolahnya setelah lulus dari SMP.

Seperti yang saya alami dulu, saya bingung ingin masuk ke SMA atau SMK. Akhirnya saya pun memilih untuk mendaftarkan diri ke SMK, dengan alasan karena di SMK kita tidak hanya belajar teori saja namun praktek.

SMK sangat cocok bagi anda yang ingin bekerja setelah lulus, tidak perlu kuliah terlebih dahulu walaupun jika ingin kuliah juga tidak masalah.

Itulah alasan saya masuk SMK, setidaknya jika saya tidak bisa melanjutkan kuliah saya sudah memiliki skill karena sering praktek lain ceritanya jika saya memilih SMA maka dianjurkan untuk kuliah terlebih dahulu.

Setelah memilih untuk masuk ke SMK justru saya semakin bingung, karena ada banyak sekali jurusan yang bisa dijadikan pilihan, ya ini salah satunya TKJ.

Bagi anda yang ingin masuk TKJ tapi masih ragu, berikut saya akan membagikan alasan kenapa masuk SMK jurusan TKJ.

Sebelumnya saya masuk TKJ bukan karena saya sudah bisa mengoperasikan komputer, justru saya gaptek, maka dari itu saya mencoba memberanikan diri untuk mempelajari komputer dan alhasil ini membuat saya ketagihan hingga sekarang.

Dan mungkin jika bukan karena saya masuk ke jurusan TKJ, blog ini tidak akan pernah ada.

TKJ adalah jurusan yang mempelajari tentang teknik komputer seperti halnya perakitan komputer, serta jaringannya. Pada sisi jaringannya kita akan belajar bagaimana caranya mengkonfigurasi perangkat jaringan seperti switch, router, dll. 

Kita harus bisa menghubungkan beberapa komputer dengan peralatan-peralatan jaringan, mengoptimalkan jaringan agar dapat berjalan lancar dan harus menjamin keamanan data pada jaringan.

Menurut riset yang saya lakukan, peminat jurusan TI dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, wajar saja karena jaman sekarang serba otomatis, serba teknologi, jika kita tidak mengikuti perkembangan jaman tentunya akan ketinggalan dan tidak tahu apa-apa.

Jurusan TI selain TKJ yaitu RPL, kedua jurusan ini yang menurut saya paling populer di TI, perbedaanya yaitu jika TKJ kita mempelajari tentang hardware, baik hardware komputer maupun hardware jaringan dan proses transmisi data pada jaringan.

Sedangkan RPL lebih ke sisi softwarenya, kita diajarkan beberapa bahasa pemrograman baik untuk membuat website, aplikasi desktop atupun aplikasi mobile yang sekarang sedang populer.

Orang yang bekerja dibidang jaringan disibut sebagai Network Engineer, sedangkan dibidang pemrogramman yaitu Programmer.

Jujur dari saya pribadi ingin belajar keduanya, baik hardware maupun software. Setelah dipikir-pikir akhirnya saya lebih memilih untuk masuk ke TKJ dibanding RPL.

Alasannya saya memilih TKJ yaitu karena software tidak akan bisa berjalan tanpa hardware, selain itu jika kita memiih jurusan TKJ kita dapat belajar pemrogramman secara otodidak, karena untuk belajar pemrograman kita tidak memerlukan perangkat tambahan, cukup dengan laptop saja.

Sedangkan untuk belajar hardware dan jaringan kita harus memiliki beberapa perangkat tambahan seperti server, router, dll. Dengan memilih TKJ maka peralatan diatas akan difasilitasi oleh sekolah, dan kita juga dapat belajar pemrogramman dirumah. 

Jadi kita bisa belajar keduanya deh, selain paham dengan komputer dan jaringan, saya juga sedikit-sedikit tahu tentang pemrograman.

Untuk tambahan saja, berikut akan saya beri contoh beberapa pekerjaan yang cocok untuk lulusan TKJ.

  1. Internet Service Provider (ISP)
  2. Wireless Networking
  3. Network Administrator
  4. Service Komputer
  5. Guru Private
  6. VoIP Inegrator
  7. Linux Administrator
  8. Integrator Jaringan
  9. Web Administrator
  10. Dan lain-lain


Masih ada banyak pekerjaan yang cocok untuk lulusan TKJ, tapi saya rasa beberapa contoh diatas sudah cukup sebagai gambaran. Jadi jika masih ada yang bertanya "Lulusan TKJ Mau Jadi Apa?" jawab aja salah satu yang ada diatas.

Jika anda suka atau ingin belajar tentang komputer maka jurusan ini sangat saya anjurkan.

Tapi saya gaptek min, bener-bener gabisa komputer, gimana?

Jika memang mau berusaha pasti bisa, saya juga dulunya gaptek kok, punya laptop aja pas mau masuk SMK, bener-bener dari 0 deh.

Share with your friends

6 comments

  1. Kak,saya pengen belajar tapi ngga ada laptop/komp gimana? Mau dong dipinjemin sekalian buat download drakor🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini mampir kerumah, ada wifi. Bayar tapi :v

      Delete
    2. Bayarnya pakek do'a gmna kak?:D

      Delete
    3. Khusus buat kamu cukup bagi adsensenya aja kak wkwk

      Delete
  2. Masuk jurusan smk aja ada alasannya, kalo mencintai juga ada alasannya engga ini mas ? 😂

    ReplyDelete

Notification
Done