Mengakses Localhost XAMPP Lewat Internet Dengan Ngrok - Liza Rifan Muazin
News Update
Loading...

Wednesday, July 17, 2019

Mengakses Localhost XAMPP Lewat Internet Dengan Ngrok

Mengakses Localhost XAMPP Lewat Internet Dengan Ngrok
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana caranya mengakses localhost via internet dan tentunya secara gratis. Jika localhost anda dapat diakses via internet maka siapa saja dan dimana saja dapat melihat isi dari localhost kita.

Misalnya jika kita memiliki website local, jika ingin dapat diakses secara online tentunya kita harus menyewa hosting terlebih dahulu. Harga hosting tentunya tidak murah, selain hosting kita juga harus memerlukan domain sebagai alamat website yang kita hosting.

Untuk mengatasi hal ini, kita dapat memanfaatkan layanan dari ngrok, dengan ngrok kita dapat mengatur agar xampp atau localhost kita dapat diakses dari internet, tenang ini gratis kok.

Sebelumnya pastikan xampp atau localhost kita telah aktif.

Jika sudah silakan login saja ke akun ngrok, jika belum memiliki akun silakan buat terlebih dahulu, atau untuk lebih mudahnya silakan login saja menggunakan akun google.

Bertikut link untuk login di ngrok


Jika sudah login maka anda akan dialihkan ke halaman dashbor, langkah selanjutnya kita harus downlaod aplikasi ngrok terlebih dahulu, sesuaikan dengan versi os anda, berhubung disini saya menggunakan os windows yang 64bit, maka saya harus mendowload yang 64bit juga.

Setting Ngrok Pada Windows


File yang didownload berupa zip, maka kita harus mengekstraknya terlebih dahulu. Jika sudah maka akan muncul aplikasi ngrok.exe. Pindahkan file tersebut di drive C: atau partisi system.

Jika sudah buka aplikasi tersebut dan tulisakan token yang ada di dashbor ngrok, kurang lebih tulis seperti ini.

ngrok.exe authtoken [tokenngrok]
Jika sudah maka otomatis setingan sudah tersimpan, ngrok sudah bisa digunakan. Untuk tampian seting token silakan lihat gambar berikut

Ngrok authtoken

Untuk memulainya silakan ketik seperti dibawah ini.

ngrok.exe http 80
Kurang lebih tampilannya akan seperti dibawah ini.

Mengakses Localhost XAMPP Lewat Internet Dengan Ngrok
Dari gambar diatas itu maksudnya localhost kita dapat diakses melalui internet menggunakan alamat

http://0a977bb5.ngrok.io

Sekian tutorial dari saya semoga bermanfaat, bagi anda yang masih bingung dengan tutorial diatas, sialakan tonton video yang sudah saya buat di channel saya sendiri.



Share with your friends

Notification
Done