Cara Install CMS Wordpress Di Debian 8 Jessie Lengkap - Liza Rifan Muazin

Monday, February 25, 2019

Cara Install CMS Wordpress Di Debian 8 Jessie Lengkap

Cara Install CMS Wordpress Di Debian 8 Jessie Lengkap
Cara Install CMS Wordpress Di Debian 8 Jessie Lengkap - Content Management System atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan sistem managemen konten merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menambah atau mengubah isi dari suatu web. Dengan adanya CMS kita tidak perlu membuat website dari nol.

Wordpress merupakan salah satu CMS yang paling populer dan kali ini kita akan menginstall wordpress pada debian 8. Namun sebelumnya server anda harus sudah terinstall LAMPP server, jika belum terinstall silakan buka tutorial berikut. Cara Install LAMPP Server di Debian 8 Jessie.

Sedangkan untuk mengirim file cms dari laptop, saya menggunaakn FTP server. Jika anda belum baham dengan FTP Srver silakan buka tutorial berikut. Cara Install Dan Konfigurasi FTP Debian 8.

Untuk file cms wordpress yang akan kita gunakan dapat diunduh di website resmi wordpress. Kali ini saya akan menggunakan wordpress versi terbaru pada saat artikel ini ditulis.
Kirim file wordpress ke server

Jika semua persiapan diatas sudah dilakukan, langsung saja ke langkah berikutnya. Kirim file cms wordpress ke server melalui ftp yang sudah dikonfigurasi. Kali ini saya menggunakan aplikasi WinSCP.

Setelah itu kita cek di folder ftp pada server, jika memang sudah terkirim langsung saja pindahkan ke root directory dari webserver. Karena file wordpress berbentuk (.zip) maka kita harus ekstrak terlebih dahulu menggunakan unzip.

Jika server belum terinstall unzip, silakan install terlebih dahulu dengan cara ketik apt-get install unzip. Atau lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
Copy file ke root directory webserver
Setelah unzip terinstall kemudian ekstrak wordpress dengan unzip dengan menggunakan sintak.
unzip [namafile.zip]
Hasih ekstrak yaitu akan muncul folder baru dengan nama wordpress. Di folder itulah file-file wordpress tersimpan. Ubah hak akses dan hak kepemilikan dari folder tersebut.
Ubah hak akses dan hak kepemilikan
 Jika sudah lanjut ke langkah berikutnya yaitu membuat database untuk cms wordpress. Disini saya contohkan via cli. Masuk ke database.
mysql -u root -p
Tuliskan password dari databse dan buatlah database dengan cara.
create database wordpress;
Membuat database wordpress
Buka browser pada client kemudian ketik ip dan folder. Contoh: 192.168.10.1/wordpress. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Silakan baca dan klik Let's go!
Akses wordpress via browser pada client
Langkah selanjutnya anda harus mengisi informasi database seperti: Database host, username, password, nama database, dan table prefik.
Isi informasi database
Klik submit dan run installation. Isikan data website anda sesuai dengan yang diinginkan. Saya contohkan seperti dibawah ini.
Isi Informasi Website
Klik install wordpress dan tunggu hingga proses selesai. Jika berhasil maka akan muncul tampilan sukses. Berikut tampilan dashboard wordpress versi 5.1.
Tampilan dashboard wordpress
Selamat wordpress berhasil di install. Untuk mengakses homepage wordpress ketikan nama ip dan nama foldernya. Jika masih ada yang kurang jelas silakan tanyakan saja pada kolom komentar.

Share with your friends