Pengertian Serta Perbedaan Bandwidth Dan Throughput Lengkap - Liza Rifan Muazin
News Update
Loading...

Friday, November 30, 2018

Pengertian Serta Perbedaan Bandwidth Dan Throughput Lengkap

Pengertian Serta Perbedaan Bandwidth Dan Throughput Lengkap

Pengertian Serta Perbedaan Bandwidth Dan Throughput Lengkap - Bandwidth dan throughput merupakan 2 istilah dalam pengiriman data. Kedua istilah inilah yang sering membuat kita bingung, apakah bedanya bandwidth dan throughput ? apakah sama ? bedanya dimana ?

Pertanyaan diatas merupakan pertanyaan yang sering muncul, tak terkuali dengan saya sendiri. Namun setelah membaca beberapa sumber akhirnya sayapun menemukan jawabannya. Berikut akan saja jelaskan secara lengkap sampai anda benar-benar paham.

Pengertian Bandwidth

Bandwidth adalah besar maksimal saluran yang dapat dilalui oleh data pada suatu waktu. Lebar dari bandwidth dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan, apakah menggunakan kabel atau wireless. Satuan kecepatan dari bandwidth yaitu bit per second atau disingkat bps.

Contohnya begini, misalnya anda ingin mengirimkan data antar komputer menggunakan kabel sebagai media transmisinya, dan kabel tersebut tertera memiliki bandwidth sebesar 10mbps, itu maksudnya anda hanya dapat mengirim data dengan kecepatan maksimal 10mbps, tidak bisa lebih dari itu, namun bisa kurang.

Biasanya kurang dari 10mbps, karena ada beberapa faktor yang memperngaruhi seperti jarak antar komputer, jenis file yang dikirim dll. Tapi tetap saja batas maksimal tidak mungkin melebihi 10mbps.

Jika masih kurang paham, saya akan jelaskan dalam dunia sehari-hari, bandwidth itu ibarat seperti jalan raya. Semakin lebar jalan maka semakin banyak juga data yang dapat dikirim.

Misal dalam dunia nyata bandwidth dapat diibaratkan seperti halnya jalan raya, jika jalan sempit maka hanya dapat dilalui satu motor saja, sedangkan jika jalannya lebar maka dapat dilalui oleh beberapa motor bahkan mobil sekalipun.

Bandwidth dibagi menjadi dua, bandwidth digital dan bandwidth analog:

1. Bandwidth Digital

Bandwidth digital jumlah data yang dikirim melalui media pengiriman tanpa distorsi, satuan kecepatan sama yaitu bit per second.

2. Bandwidth Analog

Sedangkan analog bandwidth perbedaan antara frekuensi tertinggi dan terendah dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz. Perbedaan itulah yang digunakan untuk mengetahui banyaknya data atau informasi yang dapat ditransmisikan pada suatu waktu.

Fungsi utama bandwidth yaitu digunakan sebagai jalur pengiriman data dari sutau perangkat ke perangkat lain. Namun dapat juga digunakna sebagai pembatas kecepatan maupun jumlah data. 
 
Jika digunakan sebagai pembatas kecepatan, berarti kecepatan maksimal data dibatasi misalnya hanya 100kbps, dengan demikian anda tidak bisa mengirim data lebih cepat dari 100kps, namun jumlah data yang ditransfer tidak dibatasi atau unlimited.
 
Sedangkan jika digunakan sebagai pembatas jumlah data yang dikirim, itu menandakan anda tidak bisa mengirim data jika melebihi batasan. Misalnya batas jumlah data 10gb. berarti anda tidak bisa menggirim data lebih dari 10gb, namun anda dapat mengirim data dengan kecepatan maksimal atau tidak dibatasi.
 
Selain itu anda juga dapat menggunakan keduanya untuk memenejemen jaringan agar lebih stabil.
 
ilustrasi bandwidth dan throughput

Pengertian Throughput

Throughput adalah bandwidth aktual atau yang sebenarnya. Jika bandwidth adalah batas maksimal, sedangkan throughput adalah data sebenarnya yang mengalir pada media transmisi.
 
Misalnya anda menggunakan internet dengan bandwidth 5mbps dan ketika mendownload suatu file dari internet kecepatan menunjukan 4.2 mbps, kecepatan inilah yag disebut throughput, jadi dapat disimpulkan throughput akan selalu lebih kecil dari bandwidth.
 
Contoh lainya yaitu, misalkan anda sedang terkoneksi ke internet dengan bandwidth 4mbps, ketika anda mendownload file 12mb ternyata selesai dalam waku 6 detik, maka throughputnya yaitu 12/6 = 2mbps

Share with your friends

Notification
Done