Pengertian Dan Sejarah Mikrotik Router Lengkap, Apa Itu Mikrotik ? - Liza Rifan Muazin
News Update
Loading...

Wednesday, November 28, 2018

Pengertian Dan Sejarah Mikrotik Router Lengkap, Apa Itu Mikrotik ?

Pengertian Dan Sejarah Mikrotik Router Lengkap, Apa Itu Mikrotik ? - Mikrotik merupakan perusahaan yang berkantor pusat di Latvia. Perusahaan ini dibentuk oleh dua orang yaitu Arnis Riekstins dan John Trully.

Pada tahun 1996 Arnis dan John memulai perusahaan ini dengan sistem Linux dan MS DOS yang digabungkan dengan teknologi Wireless berkecepatan 2Mbps. Kemudian mereka memiliki 5 pelanggan pertamanya, mereka terus  mengembangkan produknya dan hingga akhirnya dapat berkembang pesat.

Hingga saat ini pengguna mikroti sangat banyak, termasuk saya sendiri ikut menggunakan mikrotik, hail ini dikarenakan performa dan harganya yang murah. Mikrotik yang sudah support wireless dapat anda beli dengan harga 300 ribuan.

Fungsi Mikrotik Router

Router Mikrotik cocok digunakan untuk jaringan skala kecil maupun besar, karena tersedia banyak sekali tipenya, anda dapat cek di website resminya.

Anda tinggal memilih saja, jika digunakan untuk warnet biasa atau lab sekolah, router mikrotik biasa saja sudah dapat menangani, namun jika akan digunakan sebagai gateway perusahaan antar provinsi ataupun ISP maka harus memilih spesifikasi tinggi.

Produk Mikrotik

Mikrotik memiliki banyak produk, mulai dari router os, routerboar, antena ataupun peralatan jaringan lainnya. Meskipun demikian tetap saja yang paling terkenal yaitu routerboard dan routerosnya. Maka dari itu saya akan membahas keduanya.

1. RouterBoard (RB)

RouterBoard atau biasa disingkat RB yaitu produk mirkotik yang berbentuk fisik atau hardware. Miripseperti komputer, memiliki ram, memory dan menggunakan os. Namun dikhususkan untuk kegitan routing.  Jadi spesifikasinyapun lebih kecil dari komputer.

2. RouterOS

RouterOS merupakan produk mikrotik disisi perangkat lunaknya, yaitu sistem operasinya, jadi semua perangkat routerboard menggunakan router os ini. OS ini memiliki fungsi firewall, bridge, hotspot, proxy, bandwidth dan fungsi router lainnya.

Jika anda memiliki komputer yang ingin dijadikna router, anda dapat menginstall komputer tersebut dengan routeros ini, namun anda harus memiliki lisensinya agar dapat digunakan dengan bebas (tidak trial).

Atau jjika tidak ingin ribet dengan lisensi, anda bisa langsung membeli routerboard karena sudah dilengkapi dengan lisensinya. 

Jenis Lisensi Mikrotik

  1. Level 0 (gratis), tidak dibutuhkan lisensi, saat anda pertama install router os maka akan otomatis terseting lisensi level 0. Anda dapat menggunakan fiturnya selama 24 jam saja.
  2. Level 1 (demo). hanya dapat mengguanakan fitur routing dasar.
  3. Level 3, sudah mencangkup level 1 ditambah dengan kemampuan manajemen interface ethernet, terdapat fitur wireless namun hanya sebagai klien.
  4.  Level 4, sudah mencangkup level 3 dan 1 ditambah dengan kemampuan wireless untuk memancarkan atau sebagai access point.
  5. Level 5, pada level ini kemampuan sudah mencangkup level sebelumnya dan ditambah dengan jumlah pengguna hotspot.
  6. Level 6, level 6 merupakan level terakhir, level ini sudah mencangkup semua fitur dan tanpa pembatasan apapun.
Penggunaan lisensi disesuaikan dengan kebutuhan, jika hanya untuk pembelajaran anda tidak perlu membeli yang mahal.

Mikrotik juga mengadakan sertifikasi seperti mtcna untuk tingkat dasar maupun tingkat advanced seperti mtcre, mtcwe dan sebagainya. Anda dapat membaca artikel saya tentang Pengalaman Mengikuti Training MTCNA Dan MTCRE. 

Selain itu mikrotik memiliki event tahuan yaitu MUM (Mikrotik User Meeting), MUM yaitu perkumpulan para pengguna mikrotik dan saling berbagi pengalaman selama menggunakan mikrotik. MUM 2018 ini diselenggarakan di yogyakarta, tepatnya di hotel Marriott, anda dapat membaca artikel saya tentang Pengalaman Mengikuti MUM Di Yogyakarta.

Kesimpulan

Mikrotik merupakan vendor router dengan harga terjangkau namun performa tetap mantap. Mikrotik sangat saya rekomendasikan bagi anda yang ingin belajar didunia jaringan, karena banyak sekali pengguanya jadi jika ada masalah saat konfigurasi anda dapat mudah bertanya. Atau dapat bertanya langsung di Forum Mikrotik.

Share with your friends

Notification
Done