Pengertian IP Address Dan Fungsinya Dalam Ilmu Komputer - Liza Rifan Muazin
News Update
Loading...

Saturday, November 10, 2018

Pengertian IP Address Dan Fungsinya Dalam Ilmu Komputer

Pengertian IP Address Dan Fungsinya Dalam Ilmu Komputer
Pengertian IP Address Dan Fungsinya Dalam Ilmu Komputer - IP address adalah deretan angka yang digunakan sebagai identitas dari sebuath komputer. Dengan ip address maka komputer satu sama lain dapat tersambung dan dapat melakukan pertukaran data. 

Jadi fungsi ip address yaitu untuk memberikan alamat pada komputer sehingga setiap komputer dapat mengenali dan akhirnya dapat berkomunikasi.

IP address memiliki 2 jenis, yaitu IPv4 dan IPv6. IPv4 memiliki panjang 32 bit sedangkan IPv6 memiliki panjang 128 bit. IP yang banyak digunakan kali ini yaitu IPv4. Maka dari itu saya akan membahas IPv4.

IP Address versi 4 dibedakan menjadi ip private dan ip public, IP Private yaitu ip yang biasa digunakan dijaringan lokal sepereti lab, warnet, dll. Sedangkan IP Public yaitu ip yang digunakan di internet, dan bisa diakses dari mana saja.

Alamat IP Address Versi 4

  1. Alamat Unicast, yaitu alamat yang digunakan untuk komunikasi point to point, atau satu komputer dengan satu komputer lain.
  2. Alamat Broadcast, yaitu alamat yang digunakan untuk komunikasi one to everyone, Jadi dengna alamat broadcast anda dapat mengirimkan data ke semua komputer dalam satu jaringan.
  3. Alamat Multicast, yaitu alamat yang digunakan untuk komunikasi kebeberapa komputer. Misalnya anda ingin mengirimkan data ke 10 komputer, anda cukup mengirimkan ke satu alamat multicast, maka data akan otomatis terkirim ke 10 komputer tadi. Bedanya dengan broadcast yaitu, jika broadcast mengirim ke semua komputer dalam satu jaringan, sedangkan multicast hanya sebagian komputer.

Kelas IP Address Versi 4

1. IP Address Kelas A

IP Address Kelas A memiliki jumlah host paling banyak mencapai 16 juta setiap jaringannya. Format dari IP Kelas A yaitu N.H.H.H, dimana satu blok pertama sebagai network dan 3 blok terakhir sebagai host. IP Kelas A Dimulai dari 0-126,

IP Address Kelas A memiliki ip private yaitu 10.0.0.0/8 atau 10.0.0.0-10.255.255.255. Dalam IP Kelas A terdapat IP dengan awalan 127, namun tidak dapat digunakan karena sudah dipakai sebagai IP Loopback.

2. IP Address Kelas B

IP Address Kelas B memiliki jumlah host yang lumayan banyak, satu jaringan memiliki sekitar 65 ribu host. Format dari IP Kelas B yaitu, N.N.H.H, dimana dua blok pertama sebagai network address dan dua blok terakhir sebagai host address. Rentang IP yaitu mulai dari 128-191.

IP Private Kelas B yaitu 172.16.0.0/12 atau 172.16.0.0-172.31.255.255

3. IP Kelas C

IP Address Kelas C memiliki jumlah host yang kecil yaitu hanya 254 host setiap jaringannya. Format IP Kelas C yaitu, N.N.N.H, dimana tiga blok pertama sebagai network address dan satu blok terakhir sebagai host. Rentang IP yaitu 192-223.

IP Private Kelas C yaitu 192.168.0.0/16 atau 192.168.0.0-192.168.255.255. IP kelas ini merupakan ip yang paling sering digunakan di jaringan lokal, dikarenakan jaringan local biasanya tidak mencapai 254 host. Jika menggunakan IP Kelas B atau A tentunya akan mubazir IP. 

4. IP Kelas D

IP Address Kelas D digunakan untuk multicast, range ip nya 224-239

5. IP Kelas E

IP Address Kelas E digunakan untuk eksperimen, jadi dicadangkan atau tidak digunakan dalam jaringan biasa.

Sekian artikel dari saya mengenai Pengertian IP Address Dan Fungsinya, untuk lebih jelasnya anda bisa melihat di Wikipedia IP Address. Sebagi tambahan juga dalam IP address terdapat beberapa teknik untuk membagi IP dalam sebuah jaringan, teknik ini disebut subneting, subneting sangat penting bagi kalian yang terjun di dunia jaringan.

Share with your friends

Notification
Done