Cara Konfigurasi Database Server Dan PhpMyAdmin Di Debian 8 Jessie Lengkap - Liza Rifan Muazin
News Update
Loading...

Saturday, January 26, 2019

Cara Konfigurasi Database Server Dan PhpMyAdmin Di Debian 8 Jessie Lengkap

Cara Konfigurasi Database Server Dan PhpMyAdmin Di Debian 8 Jessie Lengkap
Cara Konfigurasi Database Server Dan PhpMyAdmin Di Debian 8 Jessie Lengkap - Databases atau basis data yaitu sekumpulan informasi yang disimpan dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan program komputer untuk memperoleh informasi dari databases tersebut.

Database merupakan server penting, terutama jika digunakan untuk membangung website. Jadi jika server di install webserver biasa di install juga database server. Data base yang akan saya gunakan kali ini yaitu MaridaDB. Karena mariadb merupakan database yang gratis.

Langsung saja login ke server dengan akun root atau super user dan ketikan
apt-get install mariadb-server
Pada saat menginstall mariadb anda akan diminta untuk memasukan password, silakan isikan saja terserah anda.
Memasukan password mariadb
Tunggu hingga proses selesain, jika terdapat error coba ulangi install sekali lagi. Jika sudah ketik berikut.
mysql_secure_installation
Jika diminta untuk memasukan password isi sesuai password yang awal, kemudian anda diminta untuk mengganti password silakan pilih no, setelah itu enter enter saja sampai selesai.

Jika sudah  selesain itu tandanya database server (mariadb) berhasil terinstall. Anda dapat membuat database dengan menggunakan sintak cli. Namun bagi yang belum terbiasa akan kesulitan karena harus paham sintak-sintaknya.

Maka dari itu saya akan memberikan solusi yaitu dengan menginstall PhpMyAdmin

Secara garis besarnya PhpMyAdmin yaitu aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk mengatur database, bisa membuat database, menghapus, menambahkan tabel dan lain-lain. Tentunya hanya dengan klak-klik sana-sini, sehingga tidak perlu menghafalkan sintak sql lagi.

Langsung saja ketikan sintak berikut.
apt-get install phpmyadmin
Jika muncul pilihan webserver pilih saja apache2, karena kita sudah menginstall apache2 sebelumnya. Pilih menggunakan tombol {space}
Memasukan password mariadb
Lanjut enter enter saja hingga selesai, jika diminta untuk memasukan password isikan saja password yang sama dengan password mariadb.

Bagaimana cara mengakses phpmyadmin?

Untuk mengaksesnya anda harus membuat browser dan mengetikan ip server dengan ditambahkan /phpmyadmin. Misal ip server 192.168.10.1, maka menjadi 192.168.10.1/phpmyadmin.
Login phpmyadmin
Login phpmyadmin dengan menggunakan user root dan password yang sudah anda konfigurasi saat menginstall mariadb. Berikut tampilan dashborad phpmyadmin.
Tampilan Dashboard PhpMyAdmin

Sekian tutorial cara konfigurasi database server dan phpmyadmin di debian 8 jessie. Jika masih ada yang kurang jelas silakan tanyakan di kolom komentar atau menghubungi saya langsung melalui halaman kontak.

Share with your friends

Notification
Done