Pengalaman Mengikuti Lomba IT Networking Support INFECT UMP - Liza Rifan Muazin
News Update
Loading...

Tuesday, December 11, 2018

Pengalaman Mengikuti Lomba IT Networking Support INFECT UMP

Pengalaman Mengikuti Lomba IT Networking Support INFECT UMP
Pengalaman Mengikuti Lomba IT Networking Support INFECT UMP - Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti lomba IT Networking Support INFECT UMP, acara ini dilaksanankan pada tanggal 11 Desember 2018, sebenearnya pada bulan November, namun entah kenapa diundur menjadi bulan Desember.

Hadiahnya cukup menarik jadi saya semakin bersemangat untuk belajar, ditambah lagi saya sedang membutuhkan uang untuk biaya transportasi ke Lampung, karena saya mendapatkan undangan mengikuti mikrotik marathon bootcamp secara gratis.

Jaranga-jarang ada kesempatan begitu, maka dari itu saya harus bisa kesana bersama teman lainnya.

Lanjut...

Dari SMK saya yaitu SMK N 1 Purbalingga mengirimkan 6 anak, 3 anak netwoking dan 3 anak lainnya desain grafis. Saya tidak begitu paham yang desain grafis karena saya mengikuti networking. 

Pelaksanaan lomba hampir sama suasananya dengan lomba LKS yang beberapa bulan lalu saya ikuti, jadi untuk masalah mental setidaknya saya sudah unggul dibanding beberapa peserta lain yang sama sekali belum mengikuti lomba semacam ini.

Materinya pun hampir sama, hanya saja bedanya di lks saya sudah menggunakna virtualisasi, dengan total 4 vm server dan 2 vm client, sedangkan disini hanya menggunakan 1 pc server fisik dan 1 laptop client fisik.

Penilaian dimulain dari proses installasi, konfigurasi serta cek hasil layanan yang diberikan oleh server. Semua service yang saya lakukan berjalan lancar, hanya saja ada beberapa miss komunikasi dengan panitia. 

Jujur saja menurut saya persiapan panitia kurang matang, terutama pada sisi dvd installernya, sebelumnya dijelaskan bahwa dvd disediakan oleh panitia, masing masing peserta mendapakan 2 dvd yaitu untuk debian 7.8 untuk pc server dan windows 7 untuk client, namun yang membuat saya kesal yaitu saya mendapatkan dvd yang error.

Sudah sampai 3 kali menukar dvd dan yang 4 baru jadi, tentu dalam hal waktu saya kalah start, yang lain sudah mulai konfigurasi sedangkan saya masih proses installasi, saya sempat cemas dan berkeringat karena sudah tertinggal jauh, namun saya tetap berusaha dan akhirnya dapat mengejar peserta lainnya.

Sampai akhirnya waktu selesai dan waktunya penilaian, penilaian dilakukan oleh 3 juri, juara ditentukan berdasarkan jumlah nilai tertinggi dari ketiga juri.

Pemenang diumumkan persis setelah proses penilaian selesai, dimulai dari juara ketiga sampai juara pertama. Alhamdulillah dari SMK 1 Purbalingga berhail merebut 2 juara, yaitu juara 3 Networking Support oleh Zulfan Ahmadi, dan juara 1 oleh saya sendiri.

Hadiah juara pertama sebesar 1.000.000 rupiah, dan juara ketiga 600.000 rupiah. Dan alhamdulillah berkat juara inilah akhirnya saya dapat pergi ke Lampung Untuk mengikuti acara Mikrotik Marathon Bootcamp VI

Share with your friends

Notification
Done